Website Edukasi

Pentingnya Pendidikan Kesehatan di Sekolah

Pendidikan kesehatan adalah upaya yang diberikan berupa bimbingan dan atau tuntunan kepada peserta didik tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek kesehatan pribadi (fisik, mental, dan sosial) agar kepribadiannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.

Tujuan yang ingin dicapai dari pendidikan kesehatan ialah para peserta didik bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah. Selain itu, mereka juga diharapkan memiliki keterampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan, dan perawatan kesehatan.

Ada beberapa pendidikan kesehatan yang bisa dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengedukasi dan membina peserta didiknya. Apa saja kira-kira pendidikan kesehatan yang bisa diaplikasikan? Yuk simak di bawah ini!

Pendidikan dan literasi gizi

Dengan terpenuhinya asupan gizi bagi peserta didik, pembelajaran yang ditangkap oleh para peserta didik akan lebih maksimal. Maka dari itu, pendidikan dan literasi gizi dilakukan sebagai upaya untuk mengubah sikap dan perilaku untuk mendukung pemenuhan gizi seimbang pada peserta didik.

Dalam pendidikan gizi, peserta didik diedukasi mengenai menu makanan yang sehat dan bergizi cukup. Sarapan bersama juga bisa dilakukan dengan membawa bekal bergizi seimbang.

Untuk literasi gizi, guru dapat menugaskan kepada peserta didik agar membaca tulisan seputar edukasi gizi yang dilaksanakan seminggu sekali, 15 menit pada jam literasi di sekolah. Selain membaca, siswa juga dapat berdiskusi dengan guru, membuat project bertema gizi, atau role play di kelas.

Satuan pendidikan pun perlu mengadakan kegiatan pembinaan kader kesehatan sekolah bagi para peserta didiknya. Kader kesehatan sekolah adalah peserta didik yang terpilih untuk membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan UKS, menyebarkan informasi kesehatan bagi teman sebaya, serta mengajak dan memberikan teladan pelaksanaan.

Di Indonesia sendiri, selain ada jenjang pendidikan wajib 12 tahun yang dimulai dari Sekolah Dasar, seseorang dapat melanjutkan pendidikan dengan kuliah dan mendapatkan pendidikan Sarjana. Nah, bukan hanya sarjana saja, kamu juga dapat melanjutkan pendidikan setelah itu ke jenjang S2 atau jenjang pascasarjana. Salah satu gelar yang juga banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia adalah MBA, atau Master of Business Administration. Apa itu MBA? Simak selengkapnya di artikel ini, ya!

Apa itu MBA? MBA adalah singkatan dari Master of Business Administration, yaitu program pendidikan pascasarjana yang fokus pada pembelajaran manajemen bisnis. Master of Business Administration (MBA) merupakan  program pendidikan pascasarjana yang paling terkenal di dunia bisnis. Program ini dirancang untuk memberikan para mahasiswa kemampuan manajemen yang diperlukan untuk memimpin organisasi atau perusahaan.

Dalam Translate Inggris Indonesia MBA adalah Master of Business Administration  dalal  memberikan pelatihan teoritis dan praktis untuk manajemen bisnis atau investasi. MBA juga dirancang untuk membantu lulusan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang fungsi manajemen bisnis umum, sehingga bisa menumbuhkan skill atau kemampuan serta pengetahuan yang lebih di bidang bisnis.

Pendidikan adalah hal penting bagi seorang individu. Bukan hanya sebagai sarana belajar & memperoleh pengetahuan, pendidikan juga dapat membantu memulai jenjang karier yang diinginkan. Selain itu, mengenyam bangku pendidikan juga dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang.

Artikel yang Direkomendasikan